Minggu, 20 November 2011

Materi TIK BAB 1 kelas 11 SMA

PENGENALAN INTERNET



A.    INTERNET

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

1.      SEJARAH INTERNET DUNIA
Bermula dari suatu proyek bernama ARPANET yang disponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Departemen ini tertarik untuk mengembangkan suatu jaringan computer yang dapat digunakan untuk membawa pessan militer atau pemerintah jika sewaktu-waktu perang nuklir. Proyek ini bermula tahun 1968. Bertujuan menghasilkan jaringan besar yang dapat menghubungkan computer pada jarak yang sangat jauh. Namun ternyata ARPANET mengalami kesulitan,maka dari itu diperlukan system yang dapat menggabungkan berbagai tipe jaringan. Tanggal 1 Januari 1983, ARPANET menukar protocol rangkaian pusat, dari NCP menjadi TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kami sekarang.

2.SEJARAH INTERNET INDONESIA

               Jaringan Internet pertama di Indonesia bernama Paguyuban Network yang mengkaitkan BPPT, UI, ITB menggunakan teknologi radio paket yang berkecepatan sangat rendah, yakni sekitar 1200 bps. Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan sebagian kecil dari perintis Internet di Indonesia. ISP Pertama di Indonesia adalah IPTEKNET di BPPT. ISP komersial pertama di Indonesia adalah IndoNet yang di ketuai oleh Sanjaya. Indonesia dikenal di Internet dengan top level domain .id. Rahmat M. Samik-Ibrahim dari UI adalah orang yang pertama kali mengelola top level domain .id di Indonesia pada tahun 1993. indonesia mempunyai beberapa sub-domain, yaitu:
ac.id – universitas
● co.id – komersial
● go.id – pemeritah
● sch.id – sekolah
● web.id – pribadi/personal
● or.id – yayasan, lembaga non-profit
● net.id – Internet Service Provider

3. KELEBIHAN INTERNET
           secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet berikut ini sebagaian dari apa yang tersedia di internet
1. informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan , rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama.Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

4.      KEKURANGAN INTERNET
1)      Tidak ada Filter terhadap informasi yang boleh dilihat dan tidak.
2)      Pengawasan hukum sangat lemah.
3)      memudahan pengguna untuk menjadi plagiator/pembajak.
4)      Privasi mudah sekali di bobol. 
5)      informasi yang diterima bisa saja palsu.

5. PENGALAMATAN DI INTERNET
Pada dasarnya ada beberapa pola dasar pengalamatan di Internet, yaitu untuk keperluan Web dan e-mail atau telepon Internet. Untuk keperluan Web, alamat Internet sering disebut :
URL (Uniform Resource Locator) dan biasanya ditulis dalam susunan: protokol://domain/direktori/file
Contoh URL:http://mayaartiskorea.blogspot.com/2011/11/hitz-trans-tv-parodi.html
Protokol – menentukan tata cara komunikasi yang digunakan. Protokol yang sering digunakan adalah http, https, ftp.
Domain – merupakan nama server/komputer yang menyediakan layanan.
Direktori – merupakan folder tempat penyimpanan informasi. File – file yang
disimpan (kadang tidak perlu dituliskan). Untuk keperluan surat elektronik (e-mail) atau telepon di atas Internet, alamat biasanya ditulis menggunakan format: namapengguna@nama.mesin.di.internet
contohnya:
20281@voiprakyat.or.id

Contoh tersebut dibaca sebagai pengguna 20281 di mesin voiprakyat.or.id, di mana
nama.mesin.di.internet menggunakan pola penamaan mesin menggunakan teknik domain, sama dengan di Web.
6. MEMAHAMI DOMAIN
Agar komunikasi dapat dilakukan dengan semua komputer di dunia, setiap komputer di jaringan Internet mempunyai nomor, seperti halnya telepon. Nomor tersebut harus unik, dan ditulis dalam format empat kumpulan angka, misalnya 202.123.41.52. Nomor ini biasa dikenal dengan sebutan alamat IP. Jadi, komputer saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan alamat IP tersebut. Sayangnya, manusia tidak terlalu pandai untuk mengingat sedemikian banyak angka/nomor alamat IP. Untuk memudahkan manusia, dikembangkanlah nama domain yang merepresentasikan nama sebuah komputer di Internet. Contoh nama domain adalah:
1.www.ipl.org – Internet Public Library di Internet.
2.www.plasa.com – Plasa milik Telkom.
Kita mengenal beberapa Top Level Domain (TLD) yang sifatnya global, seperti:
·         com - untuk lembaga komersial
·         org - untuk organisasi biasanya tidak komersial
·         gov - untuk pemerintah Amerika Serikat
·         edu - untuk universitas
Kita juga mengenal beberapa Top Level Domain (TLD) negara, seperti:
1..id – Indonesia
2..sg – Singapura
3..jp – Jepang
4..au – Australia.
Di Indonesia kita mengenal beberapa sub-domain untuk berbagai institusi, seperti
1..co.id- lembaga komersial.
2..net.id - Internet Service Provider (ISP)
3..ac.id- universitas
4..sch.id - sekolah
5..or.id - lembaga non-komersial
6..web.id - situs pribadi.




0 komentar:

Poskan Komentar